pengetahuan

Perkembangan Teknologi Komputer

Teknologi saat ini berkembang dengan begitu pesat. Kamu pasti pernah melihat beberapa teknologi yang canggih dalam sebuah tayangan kartun, bukan? Tanpa sadar teknologi yang kamu lihat tersebut sudah bisa kamu temukan saat ini. Melihat berbagai perkembangan tersebut, tentunya semua jenis barang elektronik telah bertransformasi menjadi barang yang berkali lipat lebih canggih dari sebelumnya. Misalnya saja komputer.

Siapa yang tidak kenal komputer saat ini? Barang elektronik ini begitu dibutuhkan di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Juga tanpa kita sadari, benda ini pun telah mengalami berbagai transformasi yang sangat menakjubkan. Jika dulu komputer hanya dipakai untuk mengetik dokumen atau mengerjakan pekerjaan sederhana lainnya, maka lain halnya dengan komputer yang ada pada saat ini, berikut adalah perkembangan komputer sejak 2010 hingga sekarang

  1. Perkembangan Teknologi Komputer Terbaru 2013 Salah satu produsen computer dan laptop, yaitu ACER beberapa waktu lalu menerbitkan Acer Revo 70, yaitu sebuah CPU yang memungkinkan untuk dibawa kemana-mana. Karena CPU ini diklaim memiliki berat hanya 1kg. Walaupun Acer Revo 70 bisa dibilang portable, namun fiturnya cukup mumpuni. Karena bias dibilang cukup lengkap untuk ukuran portable. Fitur tersebut adalah Gigabit Ethernet, multi-in-one card reader, enam USB 2.0 ports, 802.11 b/g/n WiFi, plus D-Sub, HDMI outputs, VGA port, audio jack, SD card.
  2. Meja Komputer Hologram Salah satu Teknologi yang mungkin sering kita lihat konsepnya di televisi ataupun video. Bisa anda bayangkan, sebuah meja dengan kegunaan seperti alat tulis, mengetik, dan berbagai fungsi lainnya. OXODesk adalah sebuah alat yang berbentuk seperti meja yang memungkinkan anda untuk melakukan aktivitas di dalam virtual space. Sebenarnya OXO Desk ini hamper mirip seperti tablet computer yang memiliki ukuran HD 40 inci. Namun, untuk memiliki barang ini anda harus merogoh kocek sekitar $1299.
  3. Computer Radiologi (CR) Computer Radiologi (CR) sebagai Teknologi computer terbaru sangat membantu para dokter yang melakukan tes radiologi. Computer Radiologi ini berfungsi seperti kamar gelap (Dark Room) sebagai tempat memproses bayangan laten pada film rontgen menjadi bayangan tampak sehingga nantinya foto rontgen tersebut didiagnosis oleh radiolog.
  4. OS Windows 8 Terbaru Salah satu teknologi yang baru saja diluncurkan adalah OS Windows 8 yang dikeluarkan oleh Microsoft beberapa waktu lalu. Dalam Windows 8 kali ini, Microsoft mengeluarkan 4 versi berbeda untuk beberapa perangkat. Salah satunya adalah untuk desktop dan Smartphone. OS Windows 8 digadang-gadang memiliki kecepatan melebihi dari OS sebelumnya. Karena Windows 8 diklaim lebih simple, responsive, dan lebih smart. Namun, pada faktanya, masih ada beberapa bug yang ditemukan dalam Windows 8 ini.
  5. Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 (v10.0.10586) dirilis ke publik. Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Konferensi Build, Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh (seperti komputer mejadan laptop), termasuk kebangkitan menu Mulai yang terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop daripada modus layar penuh.
  6. Biometric Sensor Apakah kamu pernah mendengar tentang biometric sensor? Ini merupakan teknologi terbaru yang bisa diaplikasikan pada komputer. Teknologi canggih ini diciptakan oleh salah satu perusahaan komputer terbesar bernama Intel. Teknologi ini hampir sama dengan teknologi Apple yang digunakan untuk otorisasi kartu kredit saat melakukan pembayaran dengan Pay Apple. Biometric sensor membuat kamu lebih mudah untuk melakukan otorisasi pada berbagai situs. Jika biasanya kita harus menggunakan password atau username untuk mengakses sebuah situs, maka dengan biometric sensor kamu bisa masuk dengan lebih mudah, praktis dan juga aman.
  7. Wireless Display merupakan salah satu teknologi terbaru dan juga canggih yang sama-sama diprakarsai oleh perusahaan komputer terbesar bernama Intel. Dengan menggunakan Wireless Display, maka komputer dan laptop tidak perlu dihubungkan dengan sebuah kabel. Teknologi ini juga bisa membuat sebuah komputer atau laptop bisa terhubung dengan beberapa komputer atau laptop lainnya. Bagi kamu yang sering mempresentasikan sesuatu hal di depan publik, maka teknologi ini akan sangat membantu. Kamu tak perlu memasang kabel untuk mempresentasikan hasil kerja kamu. Cukup gunakan teknologi ini, maka kamu bisa mempresentasikan apa pun dengan mudah.
  8. Wireless Charging Sama-sama berasal dari Intel, teknologi wireless charging pun begitu canggih dan tentunya akan sangat membantu kamu. Jika biasanya kamu harus mengulur kabel untuk mengisi baterai laptopmu, maka hal itu tidak perlu dilakukan saat kamu memiliki wireless charging. Dengan wireless charging, tentunya kamu akan lebih mudah untuk mengisi baterai laptopmu tanpa harus repot menggunakan kabel.
  9. Kompuer interaktif dari intel merupakan teknologi yang canggih dan juga baru. Komputer jenis ini akan sangat peka terhadap visual dan juga berbagai input yang dilakukan oleh penggunanya. Nantinya, teknologi ini pun akan dilengkapi dengan intel realsense 3D camera, dimana teknologi tersebut bisa sangat peka bahkan mampu mengatur jarak antara pengguna dengan sensor.
  10. Virtual KeyboardTeknologi canggih dan baru ini diciptakan oleh perusahaan Dell. Prinsip kerja teknologi ini adalah dengan menggabungkan sebuah PC all in one dan juga smart desk. Dengan teknologi ini, pengguna akan bisa mengetik langsung di atas meja. Nah, tentunya teknologi ini akan sangat membantu bukan? Jari-jari kamu tidak perlu memegang keyboard komputer dan tentunya lebih lincah bergerak saat mengetik apa pun. Teknologi jenis ini pastinya akan sangat berguna untuk kamu dalam mengerjakan berbagai jenis tugas

Pada dasarnya perkembangan tekhnologi di dunia ini mengalami suatu perombakan dari generasi ke generasi yang di akibatkan oleh pemikiran manusia yang menginginkan kesempurnaan dan kepraktisan. Manusia mencoba mengembangkan metode yang di terapkan dalam teknologi agar lebih mudah di gunakan untuk membantu pekerjaan manusia itu sendiri. Para ilmuan berusaha keras agar teknologi tersebut mempunyai kemampuan besar dalam menjalankan tugasnya sebagai mesin pembantu manusia dalam menyelesaikan tugasnya secara spesifik 2. Bukan hanya isi dan kemampuan dari teknologi yang di kembangkan, pada kenyataannya bentuk dan rupa dari teknologi itu sendiri juga telah bermutasi dari waktu ke waktu berdasarkan kegunaan dan fungsi yang dimilikinya. Sebut saja ketika awal di luncurkannya komputer yang masih menggunakan ruangan hampa udara yang memakan ruang yang besar pada jamannya, bandingkan dengan masa sekarang dimana dapat kita lihat adanya laptop atau komputer jinjing yang sangat efisien untuk di bawa kemanapun bahkan dengan kemampuan yang melebihi komputer dengan kapasitas hampa udara yang telah diluncurkan pertama kali. 3. Melihat dari perkembangan teknologi di dunia, di mana para manusianya tidak pernah berhenti untuk berinovasi untuk mengembangkan karyanya maka tidak menutup kemungkinan jika di masa mendatang nanti akan ada komputer komputer lainnya dengan desain efisien dan kemampuan super canggih yang akan di luncurkan

 

SUMBER :

http://www.gudangilmukomputer.com/2016/05/6-teknologi-komputer-terbaru-dan-tercanggih-saat-ini.html

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_10

 

 

 

 

 

Leave a comment